Beranda » Info Wisata Batu Malang Bromo » Tentang Kota Malang

Kota Malang adalah kota yang terletak di dataran tinggi, diapit oleh gunung-gunung. Ketinggian kota ini antara 440-460 meter di atas permukaan laut. Udaranya sejuk kering dengan kelembahan 7,2% serta suhu udara rata-rata 24 08’00’ Celcius. Curah hujan mencapai 2279 mm per tahun. Dataran tinggi Malang yang terbentuk dari bukit-bukit dan lembah ini bagaikan  danau kering yang dipagari oleh gunung. Gunung Kawi di sebelah barat, gunung Arjuna di sebelah utara, gunung Semeru dan Tengger di sebelah timur, serta pegunungan kapur Kendeng di sebelah selatan. Dengan demikian Malang merupakan bukit dan lembah dari ketiga gunung besar ini, yang hijau subur dengan sungai yang mengalir di sana-sini.

Kota Malang sekarang telah mengalami perkembangan. Dari tiga kecamatan menjadi lima kecamatan. Batas-batasnya sebagai berikut: sebelah utara dibatasi oleh Kecamatan Singosari, sebelah timur oleh Kecamatan Pakis dan Tajinan, sebelah selatan oleh Kecamatan Pakisaji, sebelah barat oleh Kecamatan Wagir, Dau dan Karangploso. Kota Malang memiliki tiga pintu gerbang sebagai pintu masuk dari tiga jurusan, yaitu dari Blitar, dari Kediri, dan dari Surabaya dan Pasuruan. Pintu-pintu gerbang sebagai pintu masuk dan sekaligus sebagai tanda batas kota tersebut, terdapat di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sukun, Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru dan Kelurahan Balearjosari Kecamatan Blimbing.

Malang  yang berkembang menjadi kota pemerintah secara resmi dibentuk pada tanggal 1 April 1914. Pada waktu Malang ditetapkan sebagai Gemeente (kota). Pada umumnya suatu daerah semboyan Gemeete Kota Malang baru ditetapkan pada tahun 1937 berdasarkan keputusan Stadsgemeenteraad Malang sebuah perisai berwarna biru dengan mahkota kuning emas berdasar merah di bawahnya sedang dibawa oleh dua ekor singa yang berdiri di atas dua kakinya dan berwarna kuning emas pula dengan lidah merahnya yang menjulur. Kaki singa berdiri di atas pita biru yang berjuntai. Di dalam perisai terdapat ekor singa berwarna kuning emas. Di belakangnya terdapat bunga teratai putih denga tangkainya yang panjang, serta lembah perkebunan. Pada pita yang berjuntai terdapat semboyan yang berbunyi “MALANG NOMINOR SURSUM MOVEOR” artinya Malang Namaku Maju Tujuanku.

normior ursum

Makna Lambang: Malang merupakan bagian dari Kerajaan Belanda. singa di dalam perisai adalah symbol kepahlawaan. Bunga teratai putih berarti sari atau kesucian. Artinya kota yang mempunyai “voorstad” yaitu pintu gerbang Singasari yang bertekad dan berjiwa kepahlawanan membela kebenaran dalam naungan Kerajaan Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, lambang itu tidak sesuai lagi dan diganti yang sesuai dengan alam kemerdekaan. Lambang baru ini dibentuk berdasarkan surat keputusan DPRD kotapraja Malang tanggal 30 Oktober 1951, sekaligus mencabut lambang yang lama dengan Nomor. 51/DPR dan disahkan oleh Presiden RI tanggal 29 November 1954 No. 237.

Bentuk lambang adalah sebagai berikut: Burung Garuda berwarna kuning emas yang membentangkan sayapnya. Di dadanya tergantung sebuah perisai berwarna hijau yang berlukiskan tugu dengan untaian padi dan kapas, harimau dan bunga teratai putih yang berkembang. Di bawah telapak kaki harimau terdapat pita yang berjuntai dengan semboyan “MALANG NAMAKU MAJU TUJUANKU”.

lamang kota besar malang

Makna Lambang : Daerah otonom yang berkembang dalam rangkuman Negara Republik Indonesia. Gambar harimau (singa) dan teratai (sari) merupakan lambang dari kota yang berpintu gerbang SINGASARI. Tugu berarti lambang perjuangan nasional. Karangan padi dan kapas berarti lambang kemakmuran dan kesejatheraan. Burung garuda adalah lambang dari Negara Republik Indonesia.

Tidak lama pada tahun 1964, semboyan “Malang Namaku Maju Tujuanku” diganti dengan surat keputusan DPRGR tanggal 10 April 1964 No. 7/DPRGR. Semboyan yang baru itu berbunyi “ MALANGKUCECWARA”, sedangkan lambangnya sendiri tetap berbentuk seperti lambang sebelumnya.Lambang Garuda dengan semboyan “Malangkucecwara” inipun diganti berdasarkan surat keputusan DPRGR tanggal 14 Juli 1970 no.4 Tahun 1970. Disahkan oleh Menteri Dalam Negeri dengan surat keputusan tanggal 11 Februari 1971 No.PEMDA 10/4/27-32. Lambang berupa perisai bersudut lima dengan warna merah putih. Dasar perisai berwarna hijau. Bintang bersudut lima berwarna kuning. Tugu di tengah berwarna biru serta pita putih dengan semboyan “MALANGKUCECWARA.

malang kucecwara

Makna Lambang:

  • Lambang berbentuk persegi bersudut lima membawakan bentuk “GUNUNGAN” dalam pewayangan berbingkai merah putih.
  • Bintang bersudut lima sama dengan bintang pada perisai dalam Lambang Negara Republik Indonesia, bermakna Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • Tugu adalah tugu yang terletak di alun-alun di depan Balai Kota yang berisikan:
  1. Lima lingga menjulang ke atas membawakan lima sila dari Pancasila
  2. Bambu runcing di tengah-tengah lingga tersebut melambangkan kekuatan dan kesatuan, keperintisan, dan kepahlawanan 1945.
  3. Tiga lingga yang Nampak di depan membawakan arah tujuan perkembangan Kotamadia Malang menjadi Kota Pendidikan, Industri, dan Pariwisata.

Warna:

  • Merah putih lambang kemerdekaan Republik Indonesia.
  • Meraj lambang keberanian dan putih lambang kesucian dan kebersihan.
  • Kuning lambang keluhuran dan kebesaran
  • Hijau lambang kesuburan, kemakmuran, harapan, kelangsungan dan kelanggengan.
  • Biru muda lambang kesetiaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanah air dan bangsa.

Makna semboyan :

Semboyan “MALANGKUCECWARA” (baca Malangkusyeswara) bermakna TUHAN YANG MAHA ESA MENGHANCURKAN YANG BATIL. Semboyan ini pendek dan padat namun mengandung makna yang ekspresif. Semboyan ini diusulkan oleh Prof.Dr. Poerbatjaraka yang beliau ambil dari kata-kata Sanskerta.

Adapun perincian katanya sebagai berikut:

  • Mala artinya segala sesuatu yang kotor, kecurangan, kepalsusan, akibat buruk (dalam bahasa Jawa sekarang, orang sering mengatakan “golek molo”
  • ANGKUCA/ANGKUC artinya menghancurkan, membinasakan.
  • ICWARA artinya Tuhan Yang Maha Esa.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.