Beranda » Info Wisata Batu Malang Bromo » LEMBAH DI KAKI LANGIT ” Kota Wisata Batu “

Angkutan Kota Batu

DIKEPUNG SERIBU GUNUNG

Batu, adalah nama dari sebuah daerah. Berada pada sebuah lembah luas berbukit dengan kemiringan tinggi di bagian utara dibandingkan bagian tengah maupun selatan. Uniknya, lembah itu berada di dataran tinggi. Dikepung sederetan gunung yang satu dengan lainnya saling bergandeng renteng. Membentuk pagar alam melingkar melindungi daerah ini mulai dari timur laut – utara – barat – hingga selatan.

Bagian Timur menyerupau cekungan ke arah yang lebih rendah. Seakan merupakan gerbang keluar masuk dari arah Malang, Surabaya dan Sekitarnya.

Topografi Batu membentang mulai dari selatan ke utara.

Pada bagian Timur Laut hingga utara berdiri kokoh Gn.Gede – Gn.Pucung – Gn.Arjuno – Gn. Kembar – Gn.Welirang dan Gn. Pusung Kutuk – Gn. Tunggangan hingga GUnung Arjuno. Gunung Rawung sebagai anak Gunung Arjuno berdiri membentengi daerah ini pada bagian barat daya. Dibagian Barat hingga barat laut dipagari mulai Gn.Jeruk – Gn.Preteng – Gn.Kerumbung – Gn.Banyak – Gn Rajekwesi – Gn.Kedung Cangkruk – Gn.Panderman. Bagian selatan dibentengi Gn. Panderman yang juga merupakan anak Gn.Kawi serta Gn.Srandil.

HULU SUNGAI

Daerah ini kaya mata aair. Di bagian utara wilayah atau mualai dari gunung gede hingga gunung Rawung, terdapat 78 Mata Air. Pada pinggang pertemuan Gn> Arjuno – Gn. Welirang – Gn. Anjasmoro dan Gn. Rawung, disanalah mata air dari sungai brantas berada.

Karena kaya mata air, di wilayah yanag sma juga terdapat 16 sungai, selain sungai Brantas. Keenam belas sunagi tersebut, setelah meliah liuk, akhirnya bermuara ke sungai brantas yang berada ditengah Kota Batu.Sementara di bagian selatan Gn Panderman yanag merupakan anak Gn.Kawi merupakan hulu sungai Metro. Sungai ini melintas sebagian kota dan Kab.Malang yanag bermuara di Sungai Lahor sebelum akhirnya bermuara ke sungai Brantas.

Sungai Brantas membelah bagian tengah wilayah Batu menajdi dua bagian : Utara dan Selatan. Oleh warga setempat, daerah yang berada di utara sungai brantas dikenal dengan Lor Brantas. Sedangkan daerah bagian selatan sungai disebut Kidul Brantas. Daerah Lor Brantas yang merupakan kaki Gn.Arjuno – Gn.Welirang dan Gn Biru relatif subur dibandingkan deangan daerah Kidul Brantas yang merupakan daerah Gunung Panderman bagian timur-selatan.

BATAS

Dari jaman purba sampai kerjaan hingga semasa pendudukan kolonial , belum ada kajian ilmiah yanag menuturkan cakupan wilayah Batu. Baru setelah lima tahun merdeka, secara legal formal ditetapkan cakupan daerah yanag menajdi wialayah batu.

Daerah Batu barulah disebut sebagai daerah dengan status kecamatan dalam lingkup wialayah Kab.Malang berdasarkan Undag-undagn Nomor 12 tahun 1950 tentang pembentukan daerah daerah kabupaten dalam lingkup Provinsi Jawa Timur.

Kecamatan batu terdiri atas Desa ( Lokasi Kidul Brantas ) yang meliputi : Pendem, Mojorejo, Torongrejo, Beji, Junrejo ,Telekung, Oro-oro Ombo, temas , Sisir, Ngaglik, Pesangrahan, Songgokerto dan sumberejo.Sedangkan nama-nama wilayah Lor Brantas meliputi : Pandanrejo, Sidomulyo, BUmiaji, Bulukerto, Sumbergendo, Tulungrejo, Punten, dan Gunungsari. Masing-masing desa terdiri atas pedukuhan pedukuhan

Dengan demikian, batas wilayah daerah di sebelah uatara berbatasan dengan Kab.Mojokero, Sebelah Timur ( membentang mualai dari utara ke Selatan ) berbatasan dengan Kecamatan Karangploso dan Kec.Dau ( Kab. Malang ) .

 

 

Save

Save

Save

Save

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.