Candi Kidal terletak didesa Kidal, Kecamatan Tumpang, 24 KM kearah timur dari kota Malang dan dapat dicapai dari Tumpang ( 7 KM ) atau dari arah lain, yaitu dari Tajinan ( 5 Km ), candi ini denahnya sama dengan Candi Sawentar, arah Timur +15 Km dari Kota Blitar dan tinggi semula 17 M, akan tetapi kini tinggal 12,5 M saja. Alas Candi beberntuk persegi dengan sisi 8,36 m dan bagian bawahnya atau dasar candinya namapak lebih sederhana dari pada bagian atasnya atau badan candi yang terhias dengan baik dan sangat mengesankan.

Dalam Sejarah Candi Kidal adalah warisan dari Kerajaan Singosari , candi ini dibangun sebagai bentuk pernghormatan dari Jasa Besar Anusapati, Raja Kedua Singhasari , yang memerintah selama 20th antara Tahun.1227-1248 .Kematian Anusapati dibunuh oleh Panji Tohjaya sebagai dari perebutan kekuasaan Singashari, yang juga diyakini sebagai kutukan dari Keris Empu Gandring.

Pintu masuk candi yang bertangga berada di sebelah barat. Di atas pintu dan relung-relunganya terpahat kepala Kala dan disudut-sudut bawahnya ada pahatan kepala Kala dan disudut ada pahatan Singa.Kalamakara candi ini sama dengan candi-candi lain di jawa timur, yaitu tanpak rahang bawahnya, yang dikelilingi dengan tembok rendah dan bagian depan terdapat dasaran persegi panjang dengan bekas-bekas bangunan kecil 3 buah banyaknya.

Yang khas dari candi ini ialah pahatanya cerita Garuda dari Kisah mahabarata, yang tanpa urutan. Dari Cerita ini hanya 3 buah yang dipahatkan yaitu Garuda sedang membawa pergi Winata, ibunya. Kemudian Garuda sengan membawa ular-ular yang paling indah dan berada disebelah timur ( belakang ) ialah garuda sedang membawa Amerta,yang tingginya 0,8 M.

Bathara Anusapati menjadi raja

Selama pemerintahannya tanah Jawa kokoh sentosa

Tahun caka Persian Gunung Sambu (1170 C – 1248 M) dia berpulang ke Siwabudaloka

Cahaya dia diujudkan arca Siwa gemilang di candi Kidal

(Nagarakretagama : pupuh 41 / bait 1, Slamet Mulyono)

Wisata Malang terbaik hanya bersama Malangtravel Guide Tour & organizer ”

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.